Menu Click to open Menus
Home » OLAHRAGA » Turunkan Berat Badan dengan Olahraga Jalan Cepat

Turunkan Berat Badan dengan Olahraga Jalan Cepat

(368 Views) April 20, 2016 5:02 pm | Published by | No comment

jalan cepat

Salah satu olahraga sederhana yang bisa langsung Anda lakukan adalah jalan cepat. Sesuai dengan namanya, maka Anda harus melakukan jalan dengan kecepatan yang lebih dari biasanya namun bukan berlari. Dalam jalan cepat, kaki tetap harus menapak ke tanah. Misalnya kaki kanan melangkah, maka kaki kiri tetap harus menapak ke tanah dan aksi ini harus dilakukan dengan cepat dan konstan. Jika belum terbiasa maka memang akan terlihat sulit karena itu Anda harus membiasakan berjalan cepat dengan benar terlebih dahulu. Olahraga ini sendiri sudah masuk dalam cabang resmi olahraga atletik dan dilombakan. Hal ini terkait dengan berbagai manfaatnya. Hanya dengan berjalan cepat secara rutin saja, Anda mampu membakar kalori dalam tubuh.

Manfaat Jalan Sehat bagi Tubuh Anda

Tentu saja, ada banyak sekali manfaat jalan cepat bagi kesehatan tubuh Anda. Manfaat tersebut antara lain:

– Peredaran darah menjadi lebih lancar

Hal ini karena olahraga ini menggunakan gerak tubuh yang cepat sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

– Otot tubuh menjadi lentur dan kuat

Gerakan dalam jalan cepat melatih otot tetap lentur jika dilakukan secara rutin.

– Menurunkan berat badan

Jalan cepat yang dilakukan setidaknya 3 hingga 5 kali dalam 1 minggu akan membantu membakar kalori dalam tubuh. Jika diimbangi dengan makanan sehat, maka Anda mampu mempertahankan berat badan ideal.

– Menjaga kebugaran tubuh

Walaupun tergolong olahraga ringan namun jalan cepat mampu menjaga kebugaran tubuh. Hal ini karena sirkulasi darah lancar dan metabolisme bekerja secara normal.

– Menjaga kesehatan jantung

Jalan cepat melatih jantung secara ringan. Karena itu, olahraga jenis ini sangat aman bahkan untuk penderita jantung sekalipun.

Baca juga : Kenali Dulu Penyebab Asam Urat Lalu Cegah Penyakitnya

Dengan berbagai manfaat di atas, tentu Anda harus mencobanya apalagi olahraga ini juga tidak memerlukan alat tambahan apapun dan bisa dilakukan di manapun.

Teknik Dasar Jalan Cepat

Sebelum melakukan jalan cepat, tentu Anda harus mengetahui tekniknya terlebih dahulu. Dengan mengetahui teknik jalan cepat yang benar, Anda bisa melakukan olahraga ini secara maksimal. Selain itu, melakukan jalan cepat dengan teknik yang benar juga akan mencegah terjadinya cedera. Berikut ini teknik yang harus Anda pelajari:

1. Persiapan

Pada tahapan persiapan, Anda tidak perlu membungkuk seperti saat akan memulai lari. Sebelum jalan cepat dimulai, Anda hanya perlu berdiri tegak. Kemudian, posisikan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang sembari mencondongkan sedikit badan ke depan. Tangan tetap berada pada posisi biasa namun rileks.

2. Melangkah

Setelah posisi persiapan sudah benar, maka ini saatnya Anda memulai jalan cepat. Mulailah dengan mengayunkan paha kaki kanan Anda kemudian diikuti dengan kaki kiri. Perhatikan bagian lutut. Saat melakukan jalan cepat, lutut Anda tegak. Saat menapak, posisikan tumit kaki di depan ke tanah terlebih dahulu. Sembari menapakkan tumit kaki yang ada di depan, Anda juga harus mengangkat tumit pada bagian kaki yang ada di belakang. Begitu seterusnya dan lakukan dengan cepat.

3. Posisi lengan

Bagaimana dengan posisi lengan Anda saat melakukan jalan cepat? Saat melangkah, posisikan tekuk lengan Anda pada posisi 90 derajat. Ayunkan lengan kanan saat Anda melangkah dengan menggunakan kaki kiri dan sebaliknya. Lakukan terus selama melakukan jalan cepat dan jangan sampai menurunkan lengan Anda sebelum sesi jalan cepat selesai.

4. Berhenti

Saat Anda berhenti atau memasuki garis finish, Anda tidak perlu mencondongkan tubuh selayaknya olahraga lari. Anda hanya perlu terus berjalan hingga garis finish kemudian melambatkan kecepatan jalan Anda. Setelah itu kendorkan semua otot dalam posisi relaks.

Baca juga : Rambut Rontok : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar posisi jalan cepat Anda nyaman dan kecepatan jalan Anda konstan:

– Pastikan jika lutut Anda tegak lurus.

Kunci dari jalan cepat dan yang membedakannya dengan lari adalah posisi lutut. Dengan posisi lutut tegak lurus dan tidak bengkok, maka kecepatan jalan cepat Anda akan terjaga dan konstan bahkan Anda bisa menambahnya.

– Pastikan posisi tubuh tegak lurus

Posisi tubuh juga harus tegak lurus dan tidak membengkok sehingga keseimbangan tetap terjaga. Anda juga bisa terhindar dari cedera seperti jatuh dan lain sebagainya.

– Fokuskan padangan

Saat mulai jalan cepat, pandangan Anda harus fokus ke depan. Jangan sampai sering menengok kiri dan kanan karena akan mengganggu konsentrasi. Jika konsentrasi terganggu maka jalan cepat akan terganggu dan berisiko tinggi.

Kesimpulannya, melakukan jalan cepat sangat mudah jika sudah mengetahui caranya. Anda hanya perlu membiasakan melakukan jalan cepat dengan teknik yang benar. Semoga dengan melakukan jalan cepat secara rutin, Anda bisa mendapatkan tubuh sehat. Yang paling penting, Anda bisa melakukan olahraga yang sederhana di waktu-waktu luang Anda. Selamat mencoba!

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Turunkan Berat Badan dengan Olahraga Jalan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!