Menu Click to open Menus
Home » NUTRISI & MAKANAN » Stabilkan kolesterol dalam tubuh anda dengan 7 makanan berikut

Stabilkan kolesterol dalam tubuh anda dengan 7 makanan berikut

(327 Views) May 7, 2016 4:40 am | Published by | No comment


makanan kolesterol
Kolesterol biasa disebut dengan lemak yang berada dalam aliran darah dan sel tubuh. Pada dasarnya, lemak ini berguna sebagai pembentuk dinding sel serta sebagai bahan utama dalam pembentukan hormone. Namun, kadar kolesterol yang dibutuhkan dalam tubuh terbatas yaitu sekitar 200 mg/dl sehingga jika terlalu berlebihan justru akan menyebabkan masalah dalam kesehatan tubuh.

Adapun resiko yang bisa terjadi karena kadar lemak berlebih dalam tubuh adalah penyakit jantung dan stroke. Kolesterol ini terbentuk secara alami dalam tubuh, namun juga bisa terbentuk karena unsur makanan hewani dan nabati seperti susu, daging, ikan, sayur, biji-bijian dan lain-lain.

Jenis-Jenis Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol jahat (Low desnsitt lipoprotein) dan kolesterol baik (high density lipoprotein). Karena sifatnya yang jahat dan baik, maka tentunya masing-masing memiliki perbedaan yang signifikan.

LDL merupakan lemak yang dapat mengeras dan menimbun pada dinding pembuluh darah yang biasanya digunakan untuk mengalirkan darah dan oksigen ke jantung dan otak. Jika dibiarkan, timbunan tersebut akan mengeras yang nantinya akan menyumbat saluran pembuluh darah. Kerak lemak yang mengeras tersebut biasa disebut arteriosklerosis

Sedangkan HDL adalah kolesterol baik yang dapat membersihkan timbunan lemak yang mengeras di dinding arteri. Jenis HDL ini harus lebih tinggi dibanding dengan LDL yaitu 50 mg/dl untuk perempuan dan 40 mg/dl untuk laki-laki. Biasanya jumlah HDL yang rendah disebabkan oleh kurangnya aktivitas tubuh, kebiasaan merokok dan obesitas.

Baca juga : Tampil Cantik Tanpa Operasi Plastik

Penyebab Meningkatnya Kolesterol Dalam Tubuh

Normalnya, kadar kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Jika kadar kolesterol lebih dari batas normal, maka bisa dikatakan bahwa seseorang memiliki tingkat kolesterol tinggi dan harus dilakukan pencegahan dan penanganan agar lemak tersebut tidak terus meningkat yang nantinya akan membahayakan kesehatan.

Peningkatan kadar LDL tersebut terjadi karena beberapa hal. Pertama disebabkan karena menu makan yang tidak sehat yaitu mengkonsumsi makanan yang berlemak jenuh seperti susu, mentega, daging, seafood dan lain-lain.

Kedua adalah karena obesitas. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih cenderung memiliki jumlah lemak yang banyak dalam tubuh.

Ketiga adalah kurangnya olahraga. Seseorang yang tidak memiliki banyak aktivitas dan tidak pernah berolahraga akan membuat penumpukan lemak pada tubuh, karena lemak bisa terbakar hanya dengan olahraga dan berbagai aktivitas fisik .

Keempat adalah karena merokok. Seseorang yang merokok beresiko akan memiliki kolesterol tinggi karena ada zat akrolein yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak.

Kelima adalah mengkonsumsi alkohol. Seseorang yang suka minum minuman beralkohol lebih beresiko untuk memiliki kolesterol tinggi.

Keenam adalah faktor usia, seseorang yang sudah berusia lebih dari 20 th akan mengalami peningkatan pada tubuh, terlebih jika umur sudah lebih dari 50 th yang pastinya lebih tinggi kadarnya.

Makanan Penurun Kolesterol Dalam Tubuh

Jika sudah terkena kolesterol tinggi maka agar tidak semakin parah anda harus menjaga pola makan yang sehat karena sebagian besar lemak diperoleh dari makanan. Adapun makanan yang baik untuk anda konsumsi yang bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh adalah:

Pertama kacang kedelai. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung zat isoflavon yang berguna untuk menekan kadar lemak jahat pada tubuh.

Kedua adalah ikan salmon, kandungan omega 3 pada ikan salmon ini mampu menurunkan kadar lemak berlebih dalam tubuh. Selain itu kandunfan trigliserida juga mampu menaikkan kadar kolesterol baik.

Ketiga adalah alpukat, buah satuini  memiliki kalori yang cukup tinggi namun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan HDL dalam tubuh.

alpukat

 

 

 

 

 

 

Keempat adalah bawang putih, penggunaan bawang putih ini telah dilakukan sejak zaman mesir kuno. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bawang putih, salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol.

bawang putih

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelima adalah bayam yaitu sayuran hijau yang mengandung zat lutein yang bagus untuk kesehatan dan juga mampu melindungi dinding pembuluh darah dari lemak yang menimbun.

sayuran

 

 

 

 

 

 

 

Keenam adalah teh, teh adalah minuman yang mengandung antioksidan yaitu falvonoid yang berguna untuk menurunkan LDL dalam tubuh.

Ketujuh adalah cokelat, tidak semua coklat mengandung banyak lemak. Dark coklat adalah salah satu cokelat yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung falvonoid dan antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang terlalu tinggi.

Baca juga : Bangun Tubuh Atletis Anda Dengan 6 Jenis Latihan Ini

Cara Menurunkan Kolesterol Yang Mudah Dan Simpel

Untuk menurunkan kolesterol tidaklah sulit, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengkonsumsi buah alpukat. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan asam pantotenat, asam folat serta multivitaminnya sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan glutation, lemak tak jenuh, serat, magnesium dan lain-lain yang semuanya dapat membantu penurunan kolesterol dalam tubuh.

Cara kedua adalah olahraga teratur. Penumpukan lemak yang ada dalam tubuh salah satunya disebabkan karena tubuh yang terlalu banyak diam, akibatnya lemak dalam tubuh tidak terbakar secara sempurna dan justru menumpuk. Dengan olahraga teratur, maka bisa dipastikan kolesterol akan cepat turun terlebih jika olahraga yang dilakukan bisa mengeluarkan banyak keringat yang berarti pembakaran lemak terjadi secara sempurna. Selain itu, dengan berolahraga fungsi sistem dalam tubuh bisa bekerja lebih baik dan maksimal.

Ketiga adalah mengurangi makanan kolesterol tinggi. Sering kali kita tidak menyadari bahwa makanan yang kita konsumsi mengandung lemak yang sangat tinggi. Sebisa mungkin anda harus menghindari apapun jenis makanan yang berlemak seperti makanan bersantan, seafood, gorengan, daging bakar, ayam bakar , keju, susu dan lain sebagainya. Dengan mengurangi makanan berlemak, maka anda anda telah mencegah terjadinya penumpukan lemak yang lebih banyak dalam tubuh.

Keempat adalah memperbanyak konsumsi sayuran. Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol yang tepat adalah mengkonsumsi sayuran hijau yang banyak. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang semuanya sangat baik untuk kesehatan. Pastikan anda mengolah sayuran secara tepat yaitu tidak memasaknya terlalu matang agar kandungan nutrisi didalamnya tidak hilang.

Itulah beberapa informasi untuk mengenali apakah kolesterol itu, apa jenisnya, apa penyebabnya, makanan apa saja yang menjadi sumber lemak, makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol serta cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Mengingat bahayanya yang bisa mengancam kesehatan, maka anda harus lebih berhati-hati jika belum terkena atau sudah terkena kolesterol tinggi dengan mengatur pola makan serta pola hidup yang sehat. Membiasakan untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak terlalu banyak dan juga membiasakan untuk olahraga agar tubuh tetap sehat dan segar.

Ingat bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, jika saja kolesterol tersebut menjadikan masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung atau struk pasti nantinya anda akan sangat menyesal karena tidak bisa menjaga kesehatan anda dan terlalu meremehkan kesehatan. Meskipun kolesterol tinggi tidak terasa sakit seketika, namun akibatnya memang sangat berbahaya. Jika umur anda sudah lebih dari 30th atau 40 th maka rutinlah memeriksakan kadar kolesterol untuk mengetahui kadarnya sehingga anda bisa melakukan perubahan pola hidup yang lebih sehat.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Stabilkan kolesterol dalam tubuh anda dengan 7 makanan berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!