sejarah diabetes

penemuan diabetes

Home » Seputar Penyakit » Diabetes » sejarah diabetes

sejarah diabetes

Sunday, May 26th 2013. | Diabetes

Sejarah Diabetes Mellitus, Dari Jaman Mesir Kuno Hingga Sekarang

ArtikelKesehatan.Info

asal mula diabetes

diabetes dari masa ke masa

Kata “diabetes” berasal dari kata “diabere” yang berarti siphon atau tabung yang berfungsi untuk mengalirkan atau memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat lain. Disebut dengan penyakit diabetes karena salah satu gejala atau ciri pengidap penyakit diabetes adalah sering buang air kecil. Penyakit diabetes sudah dikenal jauh sebelum abad masehi. Kira-kira pada 1500 tahun SM, di Mesir, pada Papyrus Ebers ditemukan sebuah penyakit dengan gejala banyak kencing.

Setelah itu berabad-abad kemudian sekitar 30 tahun SM, Celsus atau Paracelsus juga menemukan penyakit yang gejalanya mirip dengan yang ditemukan di Mesir jauh sebelumnya. Namun pada saat itu belum ada penamaan untuk gejala penyakit tersebut, hanya saja digunakan istilah “penyakit aneh” untuk menamakannya. Baru sekitar 200 tahun kemudian-lah, Areteaus menamakan penyakit aneh tersebut dengan nama diabetes. Areteaus menggambarkan penyakit diabetes sebagai meleleh atau larutnya daging dan tungkai ke dalam cairan urine.

Sejarah dibetes di Asia

Lalu pada abad ke-3 sampai dengan abad ke-6, di India dan China, para ilmuwan serta dokter menemukan penyakit diabetes dan menyatakan bahwa cairan urine para penderita diabetes berasa manis. Dan sekitar tahun 1000, Ibnu Sina, seorang dokter yang juga ilmuwan muslim ( di dunia barat ia dikenal dengan Avicena ) menuliskan gangren diabetik untuk pertama kalinya. Kemudian pada sekitar tahun 1674, seorang ilmuwan bernama Willis melukiskan kondisi urine penderita diabetes yang dinyatakan berasa manis oleh para ilmuwan India dan China tersebut sebagai “urin yang digenangi madu”.

Sejak saat itulah nama penyakit diabetes ditambahkan kata “mellitus” di belakangnya sehingga menjadi “diabetes mellitus” atau “diabetes melitus ( dengan satu l )”. Kata mellitus sendiri berarti madu. Sampai saat itu belum berhasil ditemukan penyakit diabetes yang menjangkiti hewan, hingga pada 1889 dua orang ilmuwan medis Von Mehring dan Minkowski mendapati adanya gejala diabetes pada anjing yang diambil pankreas-nya.

Penemuan insulin sebagai bagian dari sejarah diabetes

Kemudian akhirnya dunia dikejutkan dengan penemuan insulin oleh seorang ahli bedah yang masih muda bernama Frederick Grant Banting dan seorang asistennya bernama Charles Herbert yang saat itu masih mahasiswa pada abad ke-20, tepatnya tahun 1921. Atas temuan mereka itu, hadiah nobel pada tahun 1923 dihadiahkan kepada mereka berdua. Dengan ditemukannya hormon insulin tersebut, maka perkembangan penyakit diabetes selanjutnya mengarah kepada perkembangan pengobatan diabetes.

Pada 1954 – 1956 ditemukan sebuah tablet sejenis sulfonilurea yang dapat meningkatkan kadar hormon insulin. Lalu pada 1969 ditemukan tablet sulfonilurea generasi kedua yang dikenal dengan glibenklamid. Seiring berkembangnya ilmu pengobatan diabetes dengan diketemukannya berbagai jenis obat diabetes, maka komplikasi akut diabetes menjadi relatif lebih bisa diatasi. Hal ini membuat usia harapan hidup pengidap diabetes menjadi lebih baik dan panjang.

Namun persoalan diabetes tidak berhenti sampai disitu dengan munculnya kondisi komplikasi jangka panjang diabetes yang sebelumnya tidak dikenal. Begitulah, sejarah diabetes dan pengobatannya masih terus berlanjut sampai sekarang. Dan manusia masih terus berusaha menemukan metode dan obat untuk mengatasinya. Maka menerapkan pola dan gaya hidup sehat adalah cara terbaik dan termurah yang bisa kita, manusia, lakukan untuk berdamai dengan “diabetes mellitus”

Semoga bermanfaat

Alamsyah

Baca juga :

Kenali Faktor-Faktor Penyebab Kanker, Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Tips Sehat Mengatasi Rasa Gatal

Menjaga Kesehatan ; Penting, Ngga, Penting, Ngga ?

tags: , , ,

Related For sejarah diabetes

Comment For sejarah diabetes