Menu Click to open Menus
Home » POLA HIDUP » Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Sering Rewel

Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Sering Rewel

(14 Views) September 2, 2017 1:49 am | Published by | No comment

anak bayi rewel

Seringkali kita, terutama yang baru memiliki bayi, merasa kebingungan ketika bayi menangis terus menerus sepanjang hari. Terkadang usaha yang kita lakukan tidak bisa meredakan tangis bayi, bahkan malah membuatnya semakin menjadi. Secara ilmiah, menangis adalah salah satu cara bayi untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Menangis adalah cara mereka menyampaikan bahwa bereka membutuhkan sesuatu, merasa tidak nyaman, atau mungkin sakit. Umumnya, bayi paling sering menangis ketika mereka berusia 0-3 bulan, kemudian frekuensi tangisan tersebut akan berangsur berkurang seiring bertambahnya usia bayi.

Baca juga : 5 manfaat teh hijau bagi kesehatan

Penyebab Bayi Suka Menangis

Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk mengetahui apa penyebab bayi terus menerus menangis, sehingga dapat menenangkannya sesegera mungkin. Ada beragam penyebab bayi rewel, dari penyebab  yang sepele hingga yang serius dan bahkan berbahaya bagi bayi.

Seringkali bayi menangis karena dia merasa lapar dan ingin disusui, merasa kedinginan sehingga ingin didekap atau dipeluk, tubuh terasa tidak nyaman karena dalam posisi yang sama terus menerus sehingga ingin diayun, diletakkan, atau mungkin digendong.

Selain itu, banyak kasus dimana bayi menangis terus menerus karena gangguan perut (Kolik) yang mereka alami. Gangguan perut ini penyebabnya juga bermacam-macam, misal karena bayi kesulitan untuk buang angin, perut bayi kembung, atau bayi mengalami sembelit.

Penyebab ketiga adalah bermimpi buruk. Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa bermimpi. Ternyata, bayi pun juga terkadang bermimpi, bahkan beberapa diantaranya adalah mimpi buruk. Bayi biasanya mulai bermimpi setelah memasuki usia 4 bulan. Mimpi yang dialami bayi seringkali berhubungan dengan apa yang telah mereka alami di sepanjang hari itu.

Penyebab bayi menangis selanjutnya adalah kelelahan. Bayi bisa mengalami kelelahan apabila mereka diajak beraktivitas seharian, seperti diajak bepergian oleh ibu. Meskipun selama bepergian bayi selalu berada dalam gendongan ibu, belum tentu dia merasa nyaman dan bisa teridur nyenyak seperti di rumah, mengingat bayi juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Bayi pun ternyata bisa merasa tertekan, terutama ketika ibunya dalam kondisi yang “berbeda” dari biasanya. Bayi yang masih menyusu pada ibunya, selalu mendengar dan merasakan detak jantung teratur ibu ketika si ibu menyusui sambil memeluk mereka. Sehingga, perubahan irama detak jantung ibu karena gangguan kesehatan atau kecemasan yang sedang dialami ibu juga bisa dirasakan oleh bayi, bahkan membuat mereka tertekan dan menangis.

Penyebab lain mengapa bayi rewel adalah karena mereka merasa sakit dan tidak nyaman. Misalnya karena flu, walaupun flu yang dialami ringan, namun bayi bisa merasa sangat terganggu karena pusing, nyeri pada tubuh, dan hidung tersumbat akibat gejala flu yang sedang mereka alami.

Baca juga : cara mengatasi kurang tidur

Cara Mendiamkan Bayi Yang Suka Menagis

Mengingat penyebab bayi menangis bervariasi, maka penanganan agar bayi kembali tenang pun berbeda-beda sesuai penyebab tangisan bayi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan tangisan bayi.

  1. Memastikan semua kebutuhan bayi tercukupi

Memastikan semua kebutuhan bayi sudah tercukupi penting untuk mencegahnya rewel sepanjang hari. Pastikan apakah bayi cukup mendapat asi, dan cukup istirahat.

  1. Menggendong atau mengayun bayi

Bayi terkadang juga ingin diayun agar merasa nyaman dan lebih nyenyak tidur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Ibu mencoba menggendong dan mengayun bayi ketika dia menangis.

  1. Meletakkan bayi.

Apabila sudah seharian atau terlalu lama digendong, bayi akan merasa pegal dan tidak nyaman. Meletakkan bayi dan memberi mereka keleluasaan untuk bergerak dan meregangkan otot mungkin sedikit melegakan mereka.

  1. Menenangkan bayi

Menenangkan bayi dapat dilakukan dengan suara lembut atau desingan “ssshhh” lembut, karena itu yang biasa mereka dengar ketika masih berada di dalam kandungan Ibu.

  1. Memeriksa tubuh bayi

Memeriksa apakah ada kemungkinan penyebab bayi merasa sakit atau tidak nyaman sangatlah penting. Apabila ditemukan sesuatu yang tidak normal, misal ada beberapa bagian tubuh memerah, suhu tubuh meningkat drastis, atau bayi terlihat kesulitan bernafas, segera periksakan bayi ke dokter.

  1. Memandikan bayi

Apabila bayi menangis karena kegerahan, memandikannya dengan air hangat adalah salah satu cara untuk meredakan tangisan dan menjaga kulit bayi tetap sehat.

  1. Tetap tenang

Walaupun bayi menangis sepanjang hari, Ibu harus tetap tenang agar bayi tidak merasa tertekan dan tetap merasa nyaman berada di dekat kita.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Categorised in:

No comment for Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Sering Rewel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!