Menu Click to open Menus
Home » POLA HIDUP » Menangani Obesitas Tanpa Menambah Masalah

Menangani Obesitas Tanpa Menambah Masalah

(262 Views) April 30, 2016 3:30 am | Published by | No comment

obesitas

Obesitas harus ditangani dengan benar. Pasalnya, obesitas atau masalah kelebihan berat badan ini merangsang berbagai penyakit yang mempengaruhi kesehatan Anda. Penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, stroke, darah tinggi, gangguan pernapasan merupakan beberapa penyakit yang disebabkan karena obesitas. Untuk mengatasi masalah obesitas, ketahui terlebih dahulu penyebabnya.

– Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat termasuk makan terlalu banyak namun tidak sering atau bahkan tidak pernah olahraga. Karena itulah, energi yang berlebih akan disimpan tubuh sebagai lemak yang lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan obesitas.

– Faktor keturunan

Obesitas juga bisa diturunkan. Umumnya, jika Anda seorang ibu yang mengalami masalah obesitas, maka besar kemungkinan jika anak Anda juga akan mengalami kendala serupa.

Usia

Dengan bertambahnya usia, metabolisme tubuh Anda akan melambat. Itu artinya, tubuh tidak terlalu membutuhkan energi. Karena pola makan yang tidak terkontrol maka semakin usia Anda bertambah Anda justru mengalami obesitas.

Karena itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan khususnya menjaga pola makan dan olahraga teratur sehingga berat badan ideal tetap terjaga.

Baca juga : Sering Minder Masalah Wajah? Coba Perawatan dengan Minyak Bulus ini!

Sekali lagi, berat badan yang berlebih atau obesitas sangat berbahaya. Berikut ini bahaya obesitas yang mengancam Anda.

Hipertensi

Lemak yang berlebih memicu hipertensi atau darah tinggi yang sangat membahayakan.

Stroke

Jika sudah terkena darah tinggi dan tidak segera diatasi bahkan semakin parah, risiko stroke semakin tinggi.

Diabetes

Umumnya, penderita obesitas memiliki kadar gula dalam darah yang sangat tinggi sehingga risiko diabetes sangat tinggi.

Gangguan pernapasan

Lemak yang berlebihan akan menutupi beberapa organ penting tubuh termasuk paru-paru dan jantung. Karena itu penderita obesitas akan mengalami kesulitan bernapas.

Gangguan tidur

Orang dengan gangguan berat badan akan menderita gangguan tidur. Biasanya, tidur ditandai dengan mendengkur.

timbangan

Baca juga : Maag Bisa Diatasi Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat, Ini Caranya

Mengingat bahayanya yang besar, maka ada baiknya Anda segera mengatasi masalah obesitas tersebut sebelum terlambat. Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah obesitas ini.

1. Konsultasi dengan dokter

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Hal ini diperlukan untuk memastikan jika Anda memang benar-benar memiliki masalah obesitas. Selain itu, dokter juga akan memberikan petunjuk yang tepat mengenai bagaimana menangani masalah obesitas Anda tersebut.

2. Berolahraga secara rutin

Salah satu penyebab obesitas adalah tidak sering bergerak. Karena itu, Anda harus mengatasinya dengan bergerak atau berolahraga. Lakukan secara rutin sehingga hasilnya lebih maksimal. Setidaknya Anda harus meluangkan waktu selama 15 menit hingga 30 menit saja. Silakan melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat asalkan rutin.

3. Menjaga pola makan

Selain berolahraga, Anda juga harus menjaga pola makan. Lakukan diet ketat untuk awal agar berat badan segera turun. Setelah itu lakukan diet untuk gaya hidup sehat Anda. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Perhatikan nutrisi dan porsi makan agar berat tubuh terjaga.

4. Meminum air putih

Ketimbang mengkonsumsi soft drink atau minuman yang tidak jelas, ada baiknya Anda mengganti dengan air putih. Anda disarankan untuk meminum air putih 8 gelas sehari. Air putih bermanfaat untuk meluruhkan lemak dalam tubuh. Selain itu, air putih juga mengeluarkan racun dalam tubuh.

5. Makan dengan teratur

Tidak hanya porsi dan jenis makanan yang harus Anda batasi namun Anda harus tetap harus makan teratur. Ingatlah bahwa diet bukan berarti menunda makan. Justru diet adalah mengkonsumsi makanan secara benar dan teratur. Misalnya, Anda harus makan pagi secara teratur agar tidak terlalu banyak makan di siang hari dan malam hari. Bisa juga Anda makan dengan porsi yang sedikit namun sering.

6. Mengganti bahan makanan dengan bahan yang lebih sehat

Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat program penurunan berat badan. Cobalah untuk mencari pengganti jenis makanan tersebut dengan jenis yang lebih sehat. Misalnya, Anda tetap boleh mengkonsumsi nasi namun akan lebih baik jika nasi tersebut adalah nasi merah atau nasi hitam. Anda juga tetap boleh mengkonsumsi roti namun ada baiknya mengganti roti berbahan terigu dengan roti gandum. Begitu seterusnya hingga Anda pun tetap nyaman menjalani program penurunan berat badan untuk mengatasi obesitas.

Dengan mengetahui bahaya dan cara mengatasinya, semoga saja Anda bisa segera terlepas dari masalah obesitas. Dengan terlepas dari masalah obesitas, risiko untuk terserang penyakit berbahaya juga lebih kecil. Lakukan cara tersebut tidak hanya untuk mengatasi masalah obesitas saja melainkan sebagai gaya hidup sehat Anda saat ini.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Menangani Obesitas Tanpa Menambah Masalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!