Menu Click to open Menus
Home » NUTRISI & MAKANAN » Makanan-Makanan Harian Berikut Ini Bisa Meningkatkan Produksi ASI

Makanan-Makanan Harian Berikut Ini Bisa Meningkatkan Produksi ASI

(322 Views) April 24, 2016 8:56 pm | Published by | No comment

ASI

ASI atau Air Susu Ibu dianjurkan untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir secara eksklusif selama 6 bulan (asi eksklusif) kemudian dengan makanan pendamping maksimal hingga 2 tahun.

ASI ini punya banyak sekali manfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan si bayi. ASI merupakan makanan utama bayi yang bisa membangun sistem pertahanan bayi dengan sempurna sehingga resiko bayi terkena infeksi bisa lebih kecil.

ASI juga sebagai makanan yang mudah untuk dicerna sehingga sangat aman untuk pencernaan bayi yang masih berkembang. Bayi yang diberikan ASI akan lebih jarang mengalami diare maupun sembelit.

Manfaat ASI yang paling penting dari keseluruhan manfaat adalah mengurangi resiko bayi meninggal di bawah usia 2 tahun. Karena pada usia ini sangat rentan terkena infeksi dan bisa menyerang tubuh bayi yang masih belum baik pertahanan tubuhnya.

Baca juga : Air Putih Yang Kita Konsumsi Setiap Hari Ternyata Punya Banyak Rahasia

Makanan penambah air susu ibu

Karena ASI adalah makanan yang sangat penting untuk bayi, maka semakin lancar ASI yang keluar semakin aman pula persediaan makanan untuk bayi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menambah kelancaran ASI pada Anda dan juga menjadikan ASI lebih berkualitas dengan kandungan gizi yang lengkap.

1. Pepaya

Agar ASI bisa keluar dengan lancar dan banyak, Anda membutuhkan protein yang cukup. Pepaya adalah buah yang mengandung enzim papain di mana enzim ini sangat berguna untuk mencerna protein dari makanan yang lain.

Selain enzim papain, pepaya juga kaya akan vitamin C, A, dan juga asam folat yang sangat dibutuhkan baik oleh wanita menyusui maupun bayi yang baru lahir. Anda bisa mengkonsumsi pepaya baik buahnya maupun bunganya dengan cara yang Anda suka.

2. Daun katuk

Jika membicarakan mengenai makanan yang bisa memperbanyak ASI maka daun katuk tidak pernah ketinggalan disebut. Ini karena daun katuk adalah sumber makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi tapi tanpa lemak jenuh seperti yang terdapat pada produk daging.

Wanita yang dalam keadaan normal membutuhkan protein rata-rata sebanyak 40 gram setiap harinya. Sedangkan wanita dalam keadaan hamil dan menyusui butuh lebih banyak karena ada jatah bayi di situ. Wanita menyusui disarankan untuk mengkonsumsi protein sebanyak 60 gram setiap hari.

Daun Katuk

3. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum utuh dan bisa memicu untuk peningkatan produksi ASI. Ini karena ketika wanita yang menyusui mengkonsumi oatmeal maka akan diproduksi hormon oxytoksin yang bisa membuat Anda lebih tenang dan jauh dari stress.

Selain itu oatmeal adalah makanan kaya serat yang bisa melancarkan pencernaan Anda dan juga melancarkan pencernaan bayi serta bisa mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi.

4. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau dengan kandungan enzim phytoestrogen yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu bayam juga bermanfaat untuk mencegah Anda mengalami anemia karena bayam mengandung zat besi untuk pembentukan darah merah.

5. Wortel

Sama dengan bayam, wortel juga mengandung enzim yang bisa meningkatkan jumlah produksi ASI. Selain itu wortel juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, beta karoten, dan zat antioksidan lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh baik bagi yang menyusui ataupun bayinya.

Anda bisa minum jus wortel sebelum waktu makan untuk bisa memproduksi ASI lebih banyak sehingga siap minum untuk si kecil.

Baca juga : Manfaat Luar Biasa Dari Buah Naga Bagi Kesehatan

6. Kemangi

Kemangi tidak hanya bisa meningkatkan jumlah produksi ASI karena enzim phytoestrogen-nya tapi juga bisa menghilangkan bau badan pada tubuh Anda. ASI juga bisa bermanfaat sebagai obat penenang alami sehingga Anda yang stress dalam merawat bayi bisa lebih rileks.

7. Labu

Labu mengandung zat besi yang bisa menambah pembentukan sel darah merah sehingga aliran darah bisa lebih lancar. Jika aliran darah lancar maka air susu juga bisa diproduksi dengan lebih banyak dan berkualitas. Labu yang cocok untuk dikonsumsi bisa labu apa saja misalnya labu kuning, labu siam,  dan labu botol.

8. Kacang almond

Contoh makanan terakhir yang baik untuk produksi ASI yang lancar adalah kacang almond. Kandungan zat besi dan protein yang cukup tinggi pada kacang almond sangat cocok untuk menambah nutrisi pada wanita menyusui. Kacang almond bisa jadi camilan yang sehat dengan cara dipanggang tanpa diberi bumbu apapun.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Makanan-Makanan Harian Berikut Ini Bisa Meningkatkan Produksi ASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!