Menu Click to open Menus
Home » PENYAKIT » Maag Bisa Diatasi Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat, Ini Caranya

Maag Bisa Diatasi Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat, Ini Caranya

(287 Views) April 27, 2016 5:41 am | Published by | No comment

kunyit

Sakit maag disebut juga sebagai dyspepsia, sebuah penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia dan sudah umum di telinga kita. Berikut adalah gejalanya.

Sakit perut

Gejala maag yang paling umum kita ketahui adalah adanya sakit nyeri dan perih pada perut, hal ini disebabkan karena adanya luka pada lambung karena peningkatan asam lambung. Maag juga bisa ditunjukkan dengan gejala mual, nafsu makan yang hilang dan juga perut yang terasa panas.

Gejala yang lebih serius

Penyakit maag belum bisa disembuhkan secara total dan bisa bertambah parah. Sebaiknya Anda memeriksakan diri apabila tinja yang keluar sudah berwarna hitam. Tinja yang menghitam artinya maag sudah masuk ke level yang berat.

Gejala lain yang bisa menunjukkan adanya komplikasi adalah nyeri yang terjadi di perut terasa semakin tajam dan datang tiba-tiba. Gejala juga bisa disertai dengan muntah darah yang warnanya menyerupai ampas kopi.

Baca juga : Makanan-Makanan Harian Berikut Ini Bisa Meningkatkan Produksi

Penyebab sakit maag

Sakit perih yang dirasakan di perut pada penderita maag adalah karena terjadinya tukak lambung. Lambung kita memproduksi zat asam yang membantu untuk mencerna makanan dan lambung dilapisi oleh lendir yang berguna sebagai pelindung dari zat asam tersebut.

Namun ada beberapa hal yang menyebabkan lambung menjadi terluka karena kadar zat asam yang tinggi atau karena lapisan pada lambung tidak mampu untuk menangkal asam sehingga dinding lambung menjadi terluka yang disebut dengan tukak lambung. Penyebab dari tukak lambung tersebut adalah sebagai berikut.

Bakteri H. pylori

H.pylori merupakan bakteri yang paling umum menjadi penyebab dari sakit maag. Namun sakit maag yang disebabkan karena bakteri ini tidak menimbulkan efek yang signifikan sehingga jarang terdeteksi kecuali dilakukan pemeriksaan medis. Salah satu cara untuk terhindar dari bakteri ini adalah dengan menghindari asap rokok.

Obat anti-inflamasi

Obatn anti-infalmasi non steroid (OAINS) adalah obat umum yang diberikan kepada pasien dengan keluhan radang. Tapi pada beberapa orang obat ini juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit maag sehingga penggunaannya harus benar-benar dikonsultasikan dengan dokter.

Baca juga : Air Putih Yang Kita Konsumsi Setiap Hari Ternyata Punya Banyak Rahasia

Cara mengatasi sakit maag secara alami

Jika Anda punya sakit maag maka cara yang baik untuk mengatasinya adalah dengan mengatur pola makan yang teratur dan hindari mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kadar asam pada lambung seperti makanan yang pedas. Berikut adalah beberapa resep tradisional yang bisa dikonsumsi untuk mengontrol penyakit maag secara alami.

1.Kedelai

Kedelai adalah jenis kacangan yang bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi lemak. Sangrai kacang kedelai sampai warnanya berubah, kemudian hancurkan hingga berbentuk bubuk. Bubuk kedelai kemudian diseduh dengan air panas dan diminum.

2.Biji pepaya

Cara pengolahan biji pepaya jadi ramuan mengatasi sakit maag sama dengan kacang kedelai di atas. Jemur biji pepaya hingga benar-benar kering kemudian sangrai. Hancurkan biji pepaya sampai halus dan seduh untuk diminum airnya setiap hari sebelum maupun sesudah makan.

3.Kunyit

Kunyit mengandung zat antioksidan yang bisa menangkal lambung terinfeksi oleh bakteri penyebab sakit maag. Parut kunyit yang dicampur dengan sedikit air hangat untuk mendapatkan airnya. Kemudian peras kunyit yang sudah diparut. Anda bisa menambahkan air perasan kunyit dengan sedikit madu untuk rasa yang lebih enak.

4.Daun jambu biji

Daun jambu biji sudah dikenal sebagai obat tradisional yang memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan organ pencernaan. Cuci beberapa lembar daun biji sampai bersih kemudian rebus dengan air beberapa gelas. Air rebusan jambu biji diminum untuk melindungi lambung dari asam lambung yang tinggi.

5.Lidah buaya

Kandungan dalam lidah buaya juga merupakan zat antioksidan yang bisa menangkal bakteri penyebab tukak lambung dan sakit maag. Caranya adalah dengan mengupas lidah buaya karena yang digunakan adalah daging lendirnya. Anda bisa membuat minuman segar dari daging lidah buaya tersebut atau dijadikan jus dengan tambahan madu sebagai pemanis.

6.Daun salam

Satu lagi bahan tradisional yang bisa digunakan untuk menetralkan asam lambung adalah daun salam. Beberapa daun salam yang sudah dicuci kemudian direbus dalam panci hingga air rebusan tersisa setengahnya. Selama merebus bisa ditambah dengan gula batu untuk memberikan rasa yang lebih manis.

 

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Maag Bisa Diatasi Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat, Ini Caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!