Menu Click to open Menus
Home » PENYAKIT » Ketahui Apa Saja Gejala DBD Beserta Cara Pencegahannya

Ketahui Apa Saja Gejala DBD Beserta Cara Pencegahannya

(20 Views) July 22, 2018 2:19 am | Published by | No comment

Ketahui Apa Saja Gejala DBD Beserta Cara Pencegahannya

Siapa yang belum mengenal penyakit demam berdarah? Penyakit yang sudah dikenal luas di berbagai kalangan masyarakat ini disebabkan oleh gigitan nyamuk. Tentunya setiap orang haruslah berwaspada dengan penyakit yang umum dikenal dengan istilah DBD ini. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahui apa saja gejala penyakit demam berdarah beserta cara mencegahnya.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah ini disebarkan oleh nyamuk yang membawa virus dengue. Nyamuk tersebut diantaranya adalah Aedes Eegypti dan Aedes Albopictus. Dimana nyamuk ini memiliki ciri tubuh berwarna hitam ditambah dengan belang-belang warna putih pada tubuhnya.

Umumnya kedua nyamuk penyebar virus DBD ini hidup dan berkembang biak di wilayah tropis termasuk Indonesia. Nyamuk tersebut juga sangat senang berkembang biak

pada genangan air jernih yang sering kita jumpai pada pemukiman penduduk. Misalnya saja pada bak mandi ataupun barang-barang bekas yang memiliki genangan air bersih didalamnya.

Biasanya nyamuk penyebar virus dengue ini akan menghisap darah seseorang disekitarnya pada waktu pagi dan juga sore hari. Oleh karena itulah mengetahui lebih detail mengenai cara pencegahan DBD beserta mengetahui apa saja gejala penyakit demam berdarah adalah salah satu hal yang perlu kita lakukan.

Baca juga : Penyebab Penyakit Bronkitis dan Cara Mengobatinya

Apa Saja Gejala Penyakit Demam Berdarah?

Perlu diketahui bahwa penyakit demam berdarah bisa menyerang siapa saja. Tak peduli baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Namun pada umumnya gejala penyakit demam berdarah yang timbul ini mudah dikenali baik itu secara fisik  maupun bukan. Adapun gejala-gejala penyakit demam berdarah adalah sebagai berikut ini:

  1. Demam tinggi hingga suhu badan yang bisa mencapai hingga 41 derajat Celcius.
  2. Berkurangnya hingga hilangnya nafsu makan
  3. Tubuh yang cepat lelah dan mudah terasa capek
  4. Wajah yang cenderung kemerahan
  5. Merasa mual hingga muntah
  6. Merasa sakit pada bagian tenggorokan
  7. Pusing
  8. Gusi berdarah
  9. Nafas cepat
  10. Muntah darah
  11. Bengkaknya kelenjar getah bening
  12. Adanya bintik-bintik merah hingga ruam pada kulit

Itulah gejala penyakit demam berdarah yang umumnya bisa kita ketahui. Agar Anda bisa lebih tanggap dalam hal ini maka Anda bisa mengetahui cara pencegahan penyakit demam berdarah tersebut. Tentunya semakin cepat gejala diketahui dan semakin cepat diobati maka penyakit tersebut akan lebih mudah untuk disembuhkan. Maka dari itu mulai dari sekarang Anda bisa menerapkan beberapa cara untuk mencegah penyakit demam berdarah berikut ini.

Cara Mencegah Datangnya Penyakit Demam Berdarah

Kebersihan memang bisa menghindarkan diri dari penyakit. Termasuk gejala penyakit demam berdarah ini yang bisa kita cegah dengan cara menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap bersih. Terlebih lagi demam berdarah adalah salah satu penyakit yang beresiko, jadi Anda tentu harus melakukan pengobatan intensif jika sudah terlanjur terkena penyakit tersebut.

Selain itu agar terhindar dari gejala penyakit demam berdarah, Anda bisa melakukan pencegahannya dengan cara-cara berikut ini :

  1. Pastikan lingkungan sekitar rumah dan kolong-kolong dalam rumah Anda bersih dari benda-benda yang mampu mengundang nyamuk untuk bersarang ditempat tersebut. Seperti kaleng bekas makanan, kardus-kardus dan lainnya.
  2. Pastikan untuk senantiasa menutup bak sampah yang Anda miliki, baik itu bak sampah yang ada didalam maupun diluar rumah.
  3. Jika Anda memiliki benda atau peralatan tertentu yang terpaksa harus menggunakan air maka pastikan untuk mengganti air-air tersebut dengan rutin. Contohnya seperti vas bunga yang memiliki air, akuarium, tempat minuman binatang, dan lain sebagainya.
  4. Selanjutnya jika Anda menjumpai barang-barang yang mampu digenangi air maka Anda bisa membalikkannya bahkan membuangnya jika sudah tidak diperlukan. Misalnya seperti ember, bak, kaleng kosong, dan yang lainnya.
  5. Rubah kebiasaan Anda yang dulunya suka menggantung dan menumpuk baju didalam kamar. Hal ini tentu akan mengundang nyamuk berdatangan pada baju-baju tersebut. Anda bisa melipat dan memasukkan semua pakaian pada lemari, dan meletakkan baju kotor ke keranjang cucian yang tertutup rapi.
  6. Anda bisa terhindari dari gejala penyakit demam berdarah dengan menggunakan lotion maupun gel anti nyamuk saat pagi atau sore hari bahkan saat bepergian keluar rumah.
  7. Anda juga bisa memanfaatkan aroma-aroma tertentu yang bisa membuat nyamuk tidak betah. Misalnya kayu putih, sera hingga wangi lavender. Untuk penggunaan dan pencegahannya Anda bisa meneteskan minyak dari aroma yang tidak disukai nyamuk tersebut ke dalam cairan pembersih lantai ataupun pewangi ruangan.

Baca juga : Mengenal Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang agar Anda terhindar dari gejala penyakit demam berdarah. Jika sudah terlanjur mendapati kasus demam berdarah ini maka Anda harus segera memeriksakannya ke puskesmas ataupun klinik medis terdekat agar kesembuhan bisa didapat dengan segera.

No comment for Ketahui Apa Saja Gejala DBD Beserta Cara Pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!