Menu Click to open Menus
Home » PENYAKIT » Kenali Dulu Penyebab Asam Urat Lalu Cegah Penyakitnya

Kenali Dulu Penyebab Asam Urat Lalu Cegah Penyakitnya

(417 Views) April 19, 2016 2:50 pm | Published by | No comment

Anda mungkin sudah sering dengar mengenai asam urat. Penyakit ini sering sekali terjadi pada orang dewasa menjelang usia lansia dan membuat penderitanya harus membatasi konsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

asam urat

Apa tandanya Anda terkena asam urat? Salah satu gejala yang paling sering dikeluhkan adalah adanya rasa nyeri pada persendian kaki yang disertai dengan bengkak kemerahan. Penyakit asam urat memang semacam penyakit radang sendi yang menyebabkan rasa sakit pada sendi terutama pada malam hari. Meski termasuk penyakit umum bukan berarti Anda tidak bisa mengatasinya.

Macam-macam penyebab asam urat

Asam urat adalah hasil sisa metabolisme dari zat purin yang Anda dapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Asam urat atau gout ini akan dibuang melalui urin dan juga tinja, namun apabila produksi asam urat dalam tubuh lebih banyak ketimbang yang dibuang, maka akan terjadi penumpukan asam urat pada persendian. Penumpukan asam urat inilah yang menyebabkan nyeri pada persendian.

Tingginya asam urat dalam darah berarti Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung zat purin misalnya jeroan, makanan laut, dan daging merah. Asam urat juga bisa meningkat karena kebiasaan minum minuman keras, minuman bergula tinggi, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, faktor keturunan, dan juga berbagai kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan lainnya.

Baca juga : Cara Hilangkan Komedo Secara Alami

Cara mengatasi asam urat

Jika tidak diatasi dengan baik, asam urat bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya seperti hipertensi, penyakit gangguan ginjal, gangguan saluran kemih, dan penyakit lainnya yang bisa semakin mengganggu kehidupan Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi dan menurunkan kadar asam urat.

1. Mengurangi zat purin

Zat purin adalah biangnya asam urat yang jumlah konsumsinya mesti dikendalikan. Beberapa makanan yang mengandung zat purin tinggi misalnya makanan berlemak tinggi dan beberapa jenis sayuran seperti bayam, jamur, kembang kol, kacang polong, kacang panjang, dan kacang merah.

Makanan tersebut bukannya tidak boleh sama sekali dikonsumsi tapi harus dibatasi sehingga asam urat dalam darah juga bisa terkontrol.

2. Mengkonsumsi obat anti inflamasi

Jika Anda sudah terkena asam urat dan rasa nyeri pada sendi kambuh lagi, ada obat yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri.

Anda bisa mengkonsumsi obat non steroid atau OAINS atau bisa juga colchicine atau corticosteroids. Konsumsi obat tersebut apabila memang diperlukan dan rasa nyeri tidak tertahankan. Tapi sebelumnya Anda bisa coba menurunkan rasa nyeri dengan menempelkan kantung es batu pada bagian yang terasa nyeri terlebih dahulu.

3. Ramuan obat tradisional

Daun salam adalah bahan tradisional yang sudah lama dikenal bisa menurunkan kadar asam urat. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun salam yang direbus dengan air kemudian airnya diminum.

Pare yang biasa untuk sayur juga bisa direbus untuk diambil sarinya dan diminum demi mengontrol penyakit asam urat. Pare yang sudah dicuci lalu dibuang bijinya dan direbus hingga air sisa setengah. Air rebusan bisa langsung diminum setiap hari.

Makanan alami untuk rambut asam urat

Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi asam urat. Beberapa makanan yang baik untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah adalah sebagai berikut.

1. Makanan kaya serat

Makanan yang banyak mengandung serat tidak hanya memperlancar proses metabolisme sehingga asam urat bisa dikontrol jumlahnya. Serat juga berguna untuk mengikat kelebihan asam urat dalam tubuh dan membuangnya bersama dengan sisa metabolisme lainnya.

2. Minyak zaitun

minyak zaitun

Bagi penderita asam urat sebaiknya menggoreng dan mengolah makanan dengan menggunakan minyak zaitun atau olive oil, bukannya minyak kelapa atau mentega. Menggoreng dengan minyak kelapa akan menghancurkan vitamin E yang diperlukan oleh tubuh untuk mengontrol kadar asam urat.

3. Buah ceri

buah ceri

Buah ceri juga bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar asam urat. Kandungan senyawa dalam buah ceri bisa menetralkan asam urat yang tidak dipecah oleh ginjal sehingga tidak terjadi pengkristalan pada persendian. Penderita asam urat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 30 buah ceri setiap hari untuk mengontrol asam urat.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Kenali Dulu Penyebab Asam Urat Lalu Cegah Penyakitnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!