Menu Click to open Menus
Home » HERBAL » Jenis Batuk Dan Cara Pengobatan Tradisional

Jenis Batuk Dan Cara Pengobatan Tradisional

(261 Views) May 15, 2016 3:26 am | Published by | No comment

batuk

Jenis batuk dan cara pengobatan tradisional – Tubuh manusia memang mempunyai system pertahanan yang fungsinya untuk melawan beberapa gangguan yang berasal dari luar, seperti batuk. Batuk adalah respon yang alami yang sudah biasa dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan lender dan juga membersikan beberapa faktor yang dapat menimbulkan iritasi, yang bersal dari asap, debu, supaya dapat keluar pada saluran pernapasan.

Batuk, adalah salah satu penyakit yang sudah umum dialami olek semua orang. Terlebih bada saat musim hujan ataupun pada musim pancaroba. Apa saja jenis batuk pasti akan merasa sangat terganggu dan dapat membuat ketidaknyamanan saat beraktivitas, dan menyebabkan aktivitas menjadi tidak bisa maksimal. Biasanya batuk ditimbulkan dengan adanya sesuatu benda asing seperti debu dan kuman yang dapat merangsang pada selaput lender pada tenggorokan.

Baca juga : Proses Kelahiran Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati

Jenis-Jenis Batuk

Pada umumnya, batuk akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3 minggu tanpa harus menjalini pengobatan. Karena obat batuk belum sepenuhnya terbukti keefektifannya. Akan lebih baik jika menggunakan pengobatan dengan menggunakan obat tradisional.

Secara umum batuk dibedakan menjadi dua yaitu produktif dan non produktif. Perbedaan ini ditekankan pada dahaknya, berikut ulasannya:

  1. Batuk produktif
    Jenis batuk produktif jika pada saat batu disertai dengan keluarnya dahak. Keluarnya dahak dapat berasal dari sinis dan hidung selain itu juga bisa keluar dari paru-paru dan kerongkongan. Batuk yang berdahak, jangan sampai ditekan, karena fungsinya untuk membersihkan saluran pernapasan.
  2. Batuk non produktif
    Jenis batuk ini bersifat kering dan tidak mengeluarkan dahak, jadi biasanya disebut dengan batuk kering. Pada umumnya batuk kering ini dapat timbul saat terakhir menjelang flu atau disebabkan oleh iritasi dari asap dan debu.

Sebagian besar jenis batuk disebabkan dengan virus dan obat antibiotika. Pemakaian antibiotika yang tidak pada semestinya bisa menyebabkan resiko terkena alergi serta efek samping yang ditimbulkan olek antibiotika misalnya, diare, mual, muntah dan infeksi adanya jamur.

Antibiotika ini juga dapat membunuh berbagai macam bakteri serta dapat meningkatkan resiko resistensi antibiotika. Secara umum evaluasi yang teliti pada kondisi kesehatan bisa membantu dalam menentukan penyebab dari batuk. Namun, yang perlu diingat, bahwa batuk hanya sebuah gejala adanya suatu penyakit.

Baca juga : Bahaya Narkoba Untuk Fisik Maupun Psikis

Obat Tradisional Batuk

Untuk mengobati batuk, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Banyak sekali toko yang menjual obat batuk baik dalam kemasan tablet atau dalam kemasan sirup. Akan tetapi akan lebih disarankan jika pengobatan batuk dengan menggunakan obat tradisional, karena akan lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Berikut ada beberapa obat tradisional yang dapat menyembuhkan batuk.

1. Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis mempunyai obat tradisional yang berkhasiat untuk menyembuhkan batuk berdahak. Untuk obat batuk, jeruk nipis dapat digunakan dengan cara mencampurkan air perasan dengan diberi satu sendok kecap manis.

Tapi, untuk yang tidak menyukai kecapa manis, maka air perasan jeruk nipis dapat dicampurkan dengan madu. Akan lebih baik jika perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu atau kecap manis diminum 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari.

 

2. Jahe

jahe

Jahe obat tradisional yang memiliki kandungan zat anti bakteri yang sangat baik untuk tubuh. Selain dapat berfungsi untuk menghangatkan tuh, jahe juga dapat berfung sebagai obat tradisional untuk mengobati batuk berdahak. Untuk yang sedang mengalami batuk berdahak sangat disarankan untuk mengkonsumsi sari jahe tau biasa disebut dengan wedang jahe sekali dalam sehari.
Cara pembuatannya pun juga sangat mudah yaitu iris jahe lalu rebus, kemudian air rebusan jahe tuangkan pada gelas atau cangkir dan beri sedikit gula. Minum wedang jahe saat masih hangat.

 

 

3. Kencur

kencur

Untuk mengobati batuk, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kencur dan dicampur dengan jahe. Cara pembuatannya siapkan jahe dan kencur secukupnya, lalu parut sampai halus, sepelah itu campur sampai rata, dan rebus sampai mendidih. Setelah itu saring kemudian buang ampasnya, lalu air hasil rebusan tadi dapat diminum 2 kali sehari.

 

 

4. Belimbing wuluh

belimbing wuluh

Belimbing wuluh ini memiliki rasa yang sangat asam, sering digunakan untuk bahan membuat sayur asam atau biasanya juga diolah menjadi manisan. Walaupun memiliki rasa yang asam, belimbing wuluh ini juga sangat ampuh dalam mengobati batuk.
Untuk cara pembuatannya yaitu bersihkan belimbing wuluh, lalu parut, setelah itu masukan parutan tadi pada gelas dan tambahkan sedikit garam, setelah itu saring lalu buang ampasnya. Kemudian minum air hasil perasan tadi 2 kali dalam sehari.

 

 

Nah, itulah ulasan tentang jenis batuk dan cara pengobatan tradisional yang dapat membantu anda dalam mengetahui jenis dan cara pengobatan batuk. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan pengobatan batuk secara alami. Karena bahan pengobatan dengan bahan alami tidak menyebabkan efek samping sehingga dapat digunakan secara berkelanjutan.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Jenis Batuk Dan Cara Pengobatan Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!