Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » POLA HIDUP » Inilah Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Inilah Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

(257 Views) November 24, 2017 2:37 am | Published by | No comment

bau mulut

Bau mulut bukan merupakan penyakit. Akan tetapi, hal ini merupakan masalah yang sering terjadi pada seseorang. Walaupun bukan penyakit, bau mulut tidak bisa diabaikan begitu saja. Jika kita mengabaikan bau mulut maka bisa memberikan pengaruh pada kesehatan dan kehidupan sosial. Bau mulut bisa menyebabkan rasa kurang nyaman baik bagi orang yang mengalaminya maupun orang lain yang sedang berbicara pada orang yang mengalami bau mulut. Bau mulut atau bisa disebut halitosis adalah keadaan dimana udara yang kita keluarkan dari mulut memiliki bau yang tidak sedap. Bau mulut juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang dalam keadaan kesehatan yang kurang baik. Disini kita akan membahas penyebab dan cara menghilangkan bau mulut.

Baca Juga : mengenal bahaya hp bagi kesehatan

Penyebab dari bau mulut

Penyebab utama bau mulut adalah kesehatan gigi yang buruk. Akan tetapi, bau mulut juga bisa disebabkan karena hal lain, diantaranya:

Penyakit Gusi

Bakteri yang tinggal di gusi yang menyebabkan penyakit gusi bisa menjadi penyebab bau mulut.

Kanker

Kanker bisa menyebabkan bau mulut. Hal ini disebabkan karena penyembuhan melalui kemoterapi dan radiasi menyebabkan mulut menjadi kering sehingga mempengaruhi proses menghasilkan air liur.

Alergi

Jika terkena alergi terkadang seseorang akan mengalami bersin-bersin. Tentunya saat bersin-bersin akan ada lendir dan ingus juga. Lendir dan ingus adalah tempat dimana kuman jahat berkembang dan menyebabkan bau mulut.

Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan pembakaran lemak. Pembakaran lemak dapat menghasilkan keton dan keton akan dikeluarkan melalui urin dan paru-paru. Keton bisa juga dikeluarkan lewat mulut. Hal inilah yang menyebabkan seorang penderita diabetes memiliki bau mulut.

Gagal Ginjal

Bau mulut bisa menandai seseorang terkena gagal ginjal. Hal ini terjadi karena gagal ginjal menyebabkan perubahan metabolisme tubuh yang mengakibatkan mulut kering dan kurangnya air liur. Produksi air liur yang kurang bisa menyebabkan terganggunya proses pembersihan mulut.

Penyakit Hati

Penyakit hati bisa menyebabkan bau mulut atau disebut juga fetor hepaticus. Terkadang bau mulut juga bisa menjadi indikasi bahwa seseorang memiliki penyakit hati.

Selain penyebab diatas, masih terdapat beberapa penyebab terjadinya bau mulut lainnya, seperti Candida Albicans, Refluks Asam Lambung Kronis, Helcobacter Pylori dan Sindrom SjÖgren.

Baca Juga : bagaimanakah solusi mengatasi keseleo

Cara Menhilangkan bau mulut

Karena bau mulut merupakan kondisi yang membuat tidak nyaman dan jika dibiarkan akan mengganggu kesehatan maka perlu adanya cara yang ampuh untuk mengatasi bau mulut. Cara mengatasi bau mulut adalah:

1. Menggosok gigi

Menggosok gigi harus dilakukan dengan teratur. Menggosok gigi bisa menghilangkan kuman dan bakteri yang ada di gusi dan gigi. Dalam menggosok gigi tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Bagi seseorang yang sudah memiliki bau mulut yang sangat tidak sedap, penggunaan pasta gigi dengan aroma mint bisa mengurangi bau mulut. Seseorang yang mengalami masalah bau mulut biasanya dianjurkan untuk menggosok gigi 2 sampai 3 kali dalam sehari. Tempo gerakan menggosok gigi juga harus diperhatikan, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

2. Menggunakan obat kumur

Jika cara diatas masih kurang ampuh mengatasi bau mulut, penggunaan obat kumur setelah menggosok gigi juga bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut. Obat kumur biasanya mengandung anti bakteri yang bisa menghilangkan bakteri didalam mulut. Pemilihan obat kumur harus dilakukan secara cermat karena obat kumur memiliki beberapa kandungan seperti alkohol, dan zat kimia yang bereaksi keras dengan mulut. Pilihlah obat kumur yang membuat anda nyaman.

3. Menggunakan permen karet

Perman karet juga bisa membantu seseorang menghilangkan bau mulut. Permen karet bisa menghilangkan bakteri dan sisa-sisa kotoran yang terdapat pada gusi dan gigi. Akan tetapi, tidak semua permen karet bisa membantu menghilangkan bau mulut. Permen karet yang bisa membantu menghilangkan bau mulut adalah permen karet yang bebas gula atau tawar.

4. Konsumsi buah

Memperbanyak konsumsi buah khususnya yang banyak mengandung vitamin C. Hal ini bisa membantu menghilangkan bau mulut. Kandungan vitamin C dalam buah mampu menetralkan dan mengurangi bau mulut secara perlahan. Semakin sering mengkonsumsi buah akan semakin hilang bau mulut. Beberapa buah seperti alpukat, strawberry, lemon, apel, jeruk, pir dan jambu biji bisa membantu mengurangi bau mulut.

5. Hindari makanan aroma menyengat

Jangan memperparah bau mulut dengan memakan makanan yang mempunyai aroma menyengat. Ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi seseorang yang mempunyai bau mulut, yaitu jengkol, petai dan durian.

6. Konsumsi green tea

Bau mulut yang disebabkan karena bakteri dan kuman bisa dihilangkan dengan green tea. Green tea atau the hijau memiliki kandungan catechin yang tinggi. Catechin bisa membantu dalam menghilangkan bakteri dan kuman yang ada didalam mulut. Konsumsi green tea setidaknya 2 sampai 3 kali dalam sehari maka bau mulut akan menghilang dengan sendirinya.

7. Konsultasi pada dokter

Jika bau mulut tidak juga hilang setelah melakukan cara-cara diatas, segeralah konsultasi kepada dokter. Hal ini dilakukan karena bisa saja bau mulut yang dialami adalah pertanda bahwa seseorang sedang mengalami suatu penyakit.

Dengan melakukan cara-cara diatas secara rutin, seseorang bisa terhindar dari bau mulut. Menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat juga bisa menghindarkan seseorang dari masalah bau mulut.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Categorised in:

No comment for Inilah Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!