Menu Click to open Menus
Home » KEHAMILAN » Cari Tahu Sekarang! Inilah Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Cari Tahu Sekarang! Inilah Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

(25 Views) July 26, 2018 3:20 am | Published by | No comment

Cari Tahu Sekarang! Inilah Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Dalam mempersiapkan diri serta bersiaga untuk menghadapi proses persalinan, ibu hamil bisa memerhatikan kemunculan tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Umumnya tanda-tanda akan melahirkan terjadi dalam beberapa minggu maupun beberapa hari sebelum proses persalinan. Tanda-tanda mau melahirkan dapat terlihat maupun terasa dengan jelas bagi sebagian ibu hamil, namun sebagiannya justru tidak begitu merasakan tanda apapun. Apa sajakah berbagai tanda-tanda akan melahirkan yang sebaiknya diperhatikan? Berikut ulasannya

Baca juga : Ketahui Apa Saja Gejala DBD Beserta Cara Pencegahannya

11 Tanda-tanda melahirkan sudah dekat

  1. Mengalami kontraksi palsu
    Terjadinya kontraksi palsu ini biasa pula dinamai Braxton Hicks. Pada tanda ini terjadi pengencangan bagian perut yang hilang dan muncul terus menerus. Namun kondisi kontraksi palsu tidak setegang kontraksi asli pada saat benar-benar akan melahirkan. Umumnya kontraksi palsu ini berlangsung sekitar 30 – 120 detik. Kontraksi palsu atau Braxton Hicks bisa menghilang saat ibu hamil mencoba untuk lebih rileks atau berpindah posisi.
  2. Rasa nyeri
    Tanda-tanda melahirkan sudah dekat selanjutnya adalah merasakan nyeri di punggung dan perut, diiringi pula rasa kram. Nyeri tanda jelang melahirkan tersebut layaknya rasa nyeri ketika menstruasi.
  3. Pecahnya air ketuban
    Tanda-tanda melahirkan sudah dekat paling umum ialah pecah air ketuban. Pada kebanyakan ibu hamil jelang melahirkan biasanya lebih dulu mengalami kontraksi sebelum pecah air ketuban, tetapi ada pula yang mengalami pecah ketuban lebih dulu kemudian kontraksi. Saat hal itu terjadi, umumnya proses persalinan sudah sangat dekat.
    Dapat pula terjadi bahaya bila ketuban pecah lebih dulu, tetapi ibu hamil tak kunjung mengalami kontraksi. Bila demikian, janin akan lebih rentan terserang infeksi sebab cairan yang melindungi janin dari kuman telah habis.
  4. Mengalami sulit tidur
    Ibu hamil jelang melahirkan akan semakin mengalami sulit tidur malam, diiringi rasa gelisah.
  5. BAK (Buang Air Kecil) menjadi lebih sering
    Beberapa hari sebelum proses persalinan, janin akan turun hingga rongga panggul ibu hamil. Kondisi inilah yang membuat kandung kemih tertekan rahim, akibatnya frekuensi BAK menjadi meningkat.
  6. Vagina mengeluarkan lendir kental campur darah
    Selama masa kehamilan, serviks akan ditutupi lendir kental. Kemudian jelang melahirkan, serviks akan membesar lalu membuat jalur agar lendir keluar dari vagina. Warna lendir umumnya bening, atau merah muda karena bercampur sedikit darah.
  7. Perubahan kondisi serviks
    Jaringan serviks yang melunak dan menjadi elastis merupakan tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Serviks atau leher rahim mulai melebar dan menipis. Tetapi serviks tidak langsung melebar, proses pelebaran leher rahim terjadi sedikit demi sedikit hingga 10 cm.
  8. Pergerakan janin melambat atau mulai jarang
    Sebelum proses persalinan, janin biasanya melakukan pergerakan sangat lambat dalam rahim ibu hamil. Hal tersebut karena pada saat itu merupakan waktu dimana si janin sedang mengatur posisi untuk menuju jalan keluar rahim. Kemudian janin akan memicu kontraksi terhadap rahim ibu dan nantinya akan sangat nyeri.
  9. Perut bagian atas ibu hamil akan terasa kosong
    Perhatikan tanda-tanda melahirkan sudah dekat, salah satunya apabila ibu hamil merasakan keanehan perut di bagian atas terasa tiba-tiba mengempis atau kosong. Sedangkan, perut di bagian bawah justru terasa penuh, bahkan terasa ada penekanan. Apabila muncul tanda ini, maka janin sedang berusaha melakukan kontraksi dan kepalanya telah berada di pintu rahim.
  10. Mual bahkan muntah
    Janin yang melakukan gerak aktif jelang masa persalinan dikarenakan sedang mencari posisi nyaman menuju jalan keluar melalui mulut rahim. Gerakan janin memposisikan diri tersebut biasanya akan membuat ibu hamil merasa mual serta sakit kepala. Apabila terjadi terus menerus, maka ibu hamil akan mengalami muntah. Kondisi demikian, merupakan salah satu tanda-tanda melahirkan sudah dekat.
  11. Kondisi perasaan ibu hamil menjadi tidak menentu
    Dalam kondisi hamil tua yakni masa kelahiran janin tinggal menghitung hari, sebagian ibu hamil mengalami kondisi psikologis yang kurang stabil dan perasaan jadi tidak menentu. Diantaranya mengalami sedih berlebihan, kecemasan, menjadi uring-uringan, mudah tersinggung maupun lebih mudah mengumbar amarah. Tanda-tanda melahirkan sudah dekat tak hanya terjadi secara fisik, namun kondisi psikologis ibu hamil pun dapat menjadi pertanda dekatnya waktu jelang persalinan.

Baca juga : Penyebab Penyakit Bronkitis dan Cara Mengobatinya

No comment for Cari Tahu Sekarang! Inilah Tanda-Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!