Menu Click to open Menus
Home » PENYAKIT » Cara Membersikan Usus Kotor

Cara Membersikan Usus Kotor

(43 Views) August 25, 2017 2:11 pm | Published by | No comment

isi tubuh

 

 

 

 

 

 

Anda mungkin membayangkan bahwa usus merupakan bagian tubuh yang kotor karena berhubungan dengan prose pengolahan dan pembuangan makanan dalam tubuh. Perlu Anda pahami bahwa memang itu adalah fungsi utama usus. Proses pembuangan makanan bisa saja tidak berjalan dengan mulus karena konsumsi makanan yang kurang sehat sehingga usus pun menjadi kotor. Kesehatan usus perlu diperhatikan dengan baik mengingat usus merupakan bagian tubuh yang paling rapuh karena bekerja terus menerus dan melakukan kontak dengan beragam kandungan makanan dan minuman. Membersihkan usus merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan usus.

Baca juga : Rahasia Dalam Olahraga Renang Yang Jarang Diketahui

Penyebab Usus Kotor

Sebelum Anda mempelajari lebih jauh mengenai cara membersikan usus yang kotor, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai sebab-sebab usus kotor. Setiap orang harus berurusan dengan disfungsi dalam usus setelah jangka waktu tertentu. Pertama-tama, Anda perlu mengetahui cara organ ini bekeja. Usus besar merupakan saluran utama dalam tubuh manusia untuk membuang sisa makanan padat. Makanan dalam tubuh berproses dari mulut, kerongkongan, perut, dan usus kecil. Ketika sampai di usus besar, sebagian besar nutrisi dalam makanan sudah diserap oleh tubuh. Bakteri baik dalam usus akan membantu proses fermentasi untuk mengekstrak sisa nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari makanan sebelum akhirnya sisanya dibuang dari tubuh melalui usus besar. Untuk melakukan tugas ini, usus besar mendorong feses menggunakan gerakan peristaltik hingga sisa makanan mencapai rektum. Makanan yang mengandung banyak bahan kasar akan lebih mudah diremas oleh usus besar sehingga bisa dibuang lebih cepat. Makanan yang terlalu lama dimasak dan diproses tidak mempunyai kandungan bahan kasar sehingga usus besar akan mengalami kesulitan untuk melakukan tugasnya. Di sinilah akar masalah bermula. Sisa makanan akhirnya dikeluarkan dari tubuh, tetapi masih ada lapisan yang tersisa dalam usus yang akan menempel di dinding usus besar. Lapisan yang cukup lengket ini tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh oleh usus besar. Lapisan yang menumpuk tebal dan keras membuat usus besar tidak bisa melakukan gerakan peristaltik secara normal. Lapisan ini perlahan akan mengeluarkan racun ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membersihkan usus kotor sebelum menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah.

Cara Membersihkan Usus Kotor

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai cara membersihkan usus kotor. Anda tak mungkin mencuci atau menyikat usus kotor dalam tubuh Anda menggunakan deterjen. Anda mungkin membayangkan proses pembersihan yang melibatkan tindakan kesehatan termasuk pembedahan. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membersihkan usus kotor. Usus kotor bisa dilakukan melalui kegiatan sehari-hari sebagai berikut.

  • Konsumsi Banyak Serat

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk membersihkan usus yang kotor adalah menambah konsumsi serat dalam diet harian Anda. Serat akan menambah konten kasar dalam sisa makanan dan akan berkontribusi dalam gerak peristaltik usus untuk membuang sisa makanan dari dalam tubuh. Konsumsi lebih banyak serat berarti usus besar bisa mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh lebih cepat dan efisien. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda mengkonsumsi sayuran, buah, dan biji-bijian utuh dalam diet harian Anda.

  • Konsumsi Lebih Banyak Sayuran Hijau

Selain serat, Anda juga perlu mengkonsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau yang mempunyai nutrisi penting untuk memperbaiki usus. Anda bisa mencoba menambahkan paling tidak satu sayuran berdaun hijau saat makan maupun mengemil.

sayuran hijau

  • Minum Banyak Air

Agar usus besar menjalankan fungsinya dengan baik, air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Air sangat berguna untuk membersihkan bakteri atau sisa makanan dari dalam saluran pencernaan Anda. Cukup minum sangat penting untuk memastikan usus dan tubuh Anda sehat. Lelaki dewasa membutuhkan paling tidak 13 gelas air setiap hari, sementara wanita dewasa membutuhkan paling tidak sembilan gelas air.

  • Hindari Alkohol

Proses pembersihhan usus kotor membutuhkan Anda untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol. Alkohol akan menyebabkan dehidrasi dan susah buang air besar. Konstipasi akan menjadi lebih parah karena alkolhol bisa menekan gerakan peristaltik usus dan keinginan buang air besar.

Baca juga : Kebiasaan Sederhana Untuk Kesehatan Gigi yang Mesti Kamu Ketahui

  • Batasi Konsumsi Produk Susu

Anda sebaiknya juga membatasi konsumsi produk susu yang bisa membuat gejala konstipasi semakin parah. Jika Anda mengalami masalah sulit buang air besar, sebaiknya Anda minum banyak air putih dan membatasi jumlah produk susu yang Anda konsumsi.

  • Minum Secangkir Kopi atau Teh

Minum secangkir kopi atau teh juga bisa membantu Anda membersihkan usus kotor karena kandungan kafein di dalamnya akan menstimulasi usus besar untuk melakukan gerakan peristaltik. Mengkonsumsinya saat panas juga akan merangsang gerakan usus.

  • Konsumsi Makanan Fermentasi

Probiotik dalam makanan fermentasi sangat berguna untuk usus besar Anda karena meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus sehingga usus bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Berbagai makanan dan minuman fermentasi bisa Anda konsumsi mulai dari yogurt hingga kombucha.

 

No comment for Cara Membersikan Usus Kotor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!