Menu Click to open Menus
Home » POLA HIDUP » Bahaya Narkoba Untuk Fisik Maupun Psikis

Bahaya Narkoba Untuk Fisik Maupun Psikis

(327 Views) May 11, 2016 9:12 pm | Published by | No comment

bahaya narkoba

Narkoba adalah jenis obat-obatan terlarang yang sangat membahayakan manusia, meskipun efeknya tidak terjadi seketika namun lambat laun akan sangat merugikan kesehatan bahkan bisa mengancam nyawa manusia.

Adapun bahan dari narkoba adalah tanaman candu, kola, ganja, bahan sintesis dan lain sebagainya. Jika dikonsumsi maka akan menimbulkan rasa kecanduan dan berbagai akibat lain. Bahaya narkoba ini sudah dirasakan masyarakat indonesia terutama untuk generasi muda. Banyak anak-anak dan remaja yang sudah mulai terbiasa mengkonsumsi narkoba akibat salah pergaulan dan kurangnya pengawasan orang tua.

Baca juga : Stabilkan kolesterol dalam tubuh anda dengan 7 makanan berikut

Bahaya narkoba yang harus dihindari

Akibat zat-zat berbahaya tersebut maka penggunaan narkoba harus dihindari karena akan membahayakan kesehatan para pemakainya. Adapun jenis bahaya narkoba yang harus diketahui yaitu yang pertama berkurangnya fisik. Seseorang yang mengkonsumsi narkoba akan mengalami kurang gizi sehingga tubuhnya nampak sangat kurus karena mereka kehilangan nafsu makan.

Selain itu para pecandu akan mengalami infeksi kulit karena para pengguna tidak lagi memperdulikan kebersihan mereka dan terbiasa menggunakan alat suntik yang tidak steril. Para pecandu juga lebih mudah terserang penyakit seperti tbc, bronchitis dan sebagainya karena kurangnya daya tahan tubuh.

Bahaya narkoba yang kedua adalah kerusakan mental. Berbagai  zat yang membuat penggunanya kecanduan akan merusak mental secara perlahan, daya tahan tubuh menurun, kemunduran mental dan selalu merasa putus asa dalam menghadapi setiap permasalahan. Rasa percaya diri dan keberanian juga akan hilang sehingga para pecandu nampak sering merenung dan bersedih.

Bahaya narkoba selanjutnya adalah kehancuran masa depan. Hilangnya rasa percaya diri dan rasa malas dalam menghadapi semua aktivitas membuat para pecandu kehilangan semua mimpi dan masa depan mereka. Mereka akan menghabiskan waktu untuk berhalusinasi, merenung dan bersedih sehingga tidak memiliki semangat untuk berjuang hidup.

Ketahui jenis-jenis narkoba untuk menghindari bahaya narkoba

Ada beberapa jenis narkoba yang harus anda ketahui agar anda tidak terjebak untuk mengkonsumsinya.

1. Morfin

Morfin yaitu terbuat dari candu mentah yang rasanya sangat pahit dan bentuknya seperti tepung halus berwarna putih. Sedangkan yang berbentuk cairan memiliki warna tertentu dan cara menggunakannya dengan dihisap atau disuntikan ke tubuh.

2. Codeine

Bahaya narkoba jenis ini lebih rendah dibandingkan dengan heroin dan tingkat kecanduannya juga lebih sedikit. Umumnya narkoba jenis ini dibuat dengan bentuk pil atau cairan jernih. Cara memakinya dengan disuntik atau ditelan secara langsung.

3. Heroin

Heroin memiliki tingkat bahaya narkoba lebih tinggi dibanding dengan jenis sebelumnya. Seseorang yang mengkonsumsi heroin ini akan merasa mengantuk dan mengalami perubahan mood yang tidak beraturan.

4. Methadone

Jenis ini yang digunakan sebagai obat ketergantungan oipiod. Jenis narkoba ini akan sangat berbahaya jika disalah gunakan untuk konsumsi orang yang tidak sedang mengalami kecanduan opiod karena bisa merusak mental dan kesehatan. Jenis narkoba yang kelima adalah pethidina, bentuknya berupa pil dan cair. Bahaya narkoba jenis ini hampir sama dengan lainnya yaitu menyebabkan kemunduran mental dan fisik.

5. Opium

Jenis ini berasal dari getah tanaman papaver somniferum. Adanya kandungan morfin didalam bubuk ini  biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Cara menggunakannya dengan menghisapnya.

6. Ganja

ganjaBiasa dikenal juga sebagai Marijuana merupakan produk psikoaktif dari Tumbuhan Cannabis sativa. Ganja telah di konsumsi oleh manusia sejak prasejarah, dan terjadi peningkatan di abad ke-20 dalam penggunaannya untuk tujuan rekreasi, spiritual, dan juga obat.

 

 

 

 

7. Ekstasi

Jenis narkoba ini digunakan untuk sampingan dan biasanya digunakan dengan seks serta digunakan untuk melengkapi berbagai macam praktek untuk transendensi termasuk dalam psychonautics, meditasi, dan psikoterapi psikedelik.

Baca juga : Tampil Cantik Tanpa Operasi Plastik

Cara mencegah terkena bahaya narkoba

Mengingat bahaya narkoba sangat besar dan merugikan manusia maka haruslah dilakukan pencegahan dengan berbagai cara.

Pertama adalah memilih teman bergaul yang tepat. Biasanya seseorang mengenal narkoba dari teman bermainnya, maka dari itu pilihlah teman yang positif agar terhindar dari bahaya narkoba.

Kedua adalah memberikan pedoman iman kepada anak. Seseorang anak yang sudah dibekali pengetahuan iman sejak dini cenderung lebih jauh dari bahaya narkoba karena dalam hatinya sudah ada keyakinan untuk tidak mencoba sesuatu yang dilarang dalam agama yang nantinya akan membahayakan kesehatannya.

Ketiga adalah peran orang tua. Sebagai orangtua haruslah selalu mengawal perkembangan anak. Memberikan pendidikan terbaik untuk anak sehingga ketika sudah dewasa ia bisa mengetahui apa yang baik untuknya dan apa yang buruk untuknya. Jika pendidikan telah ditanamkan sejak dini maka para remaja akan terhindar dari bahaya narkoba yang merugikan.

Itulah beberapa informasi mengenai Bahaya narkoba yang harus anda ketahui sebagai ilmu yang sangat bermanfaat untuk diri anda sendiri ataupun untuk orang-orang disekitar anda. Sebisa mungkin jauhkan diri anda dan keluarga anda dari Bahaya narkoba yang mematikan tersebut.

No comment for Bahaya Narkoba Untuk Fisik Maupun Psikis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!