Menu Click to open Menus
Home » NUTRISI & MAKANAN » Apakah Manfaat Konsumsi Daging Ikan Bagi Kesehatan ??

Apakah Manfaat Konsumsi Daging Ikan Bagi Kesehatan ??

(47 Views) September 4, 2017 5:52 am | Published by | No comment

ikan segar

Daging ikan merupakan salah satu hasil dari kekayaan alam Indonesia. Daging ikan juga merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Daging ikan mempunyai banyak sekali kandungan gizinya. Gizi yang didapat pada daging ikan akan membantu kesehatan tubuh. Terdapat dua jenis daging ikan, yaitu daging ikan putih dan daging ikan merah. Kedua jenis daging ikan itu kaya akan gizi tetapi jumlahnya berbeda. Daging ikan merah memiliki kandungan energi, vitamin B12 dan omega 3 yang lebih tinggi. Sedangkan daging ikan putih mempunyai kandungan kolesterol yang lebih tinggi. Daging ikan dapat di olah menjadi berbagai macam makanan atau masakan. Misalnya, daging ikan dapat dihidangkan mentah, diawetkan dengan garam, diasap, dijemur, ditumis, dibakar, dan lain-lain.

Baca juga : 10 manfaat mandi bagi kesehatan

Macam-macam Daging Ikan yang Bisa Dikonsumsi

Daging ikan dapat dibedakan menurut tempat atau habitat tinggalnya. Ada daging ikan hasil dari laut (ikan air laut) dan ikan hasil dari sungai atau budidaya (ikan air tawar). Terdapat ikan yang mengandung gizi yang dapat dikonsumsi dan ikan yang mengandung racun yang harus dihindari. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis ikan yang bisa dikonsumsi:

1. Ikan Gabus

Ikan air tawar ini sering di sungai, rawa, danau ataupun sawah. Ikan Gabus mempunyai kadar protein yang sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi dari telur, daging ayam dan daging sapi. Kandungan protein yang tinggi sangat membantu masa pertumbuhan anak-anak. Selain protein, ikan Gabus juga mempunyai kadar albumin yang tinggi. Albumin bisa membantu seseorang dalam menjaga kesehatan tubuhnya dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

2. Ikan Gurame

Ikan Gurame merupakan ikan yang hidup dalam air tawar. Ikan ini sering kali menjadi ikan budidaya. Harga dari ikan ini tergolong cukup tinggi. Daging ikan yang dihasilkan mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Daging ikan ini juga mengasilkan asam amino essensial yang cukup tinggi juga. Kedua kandungan tersebut dapat membantu seseorang, khususnya anak-anak yang masih mengalami masa pertumbuhan.

3. Ikan Salmon

Ikan Salmon tinggal dilaut lepas. Daging ikan Salmon mempunyai kadar omega yang sangat tinggi. Omega 3 dapat membantu seseorang untuk menjaga kadar lemak dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Omega 3 juga berfungsi untuk menigkatkan fungsi kognitif dan otak pada anak-anak.

Baca juga : cara mendidik anak dengansmart parenting

daging ikan

 

 

 

 

 

 

Manfaat Daging Ikan bagi Kesehatan

Karena daging ikan mengandung banyak sekali gizi, tentunya daging ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat daging ikan bagi kesehatan tubuh diantaranya:

1. Mencegah penyakit jatung.

Konsumsi daging ikan dengan jumlah yang sesuai bisa membantu seseorang agar terhindar dari penyakit jantung.

2. Sebagai salah satu asupan gizi terbanyak.

Daging ikan memiliki banyak sekali kandungan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan, yaitu protein, mineral, vitamin dan kalori rendah.

3. Mencegah penyakit kolesterol.

Daging ikan mengandung minyak ikan dan minyak ikan itu mengandung asam tak jenuh seperti asam lemak dan omega 3. Kedua kandungan dalam minyak ikan itu bisa menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh sehingga kadar lemak baik atau HDL akan meningkat.

4. Membantu program diet.

Diet adalah salah satu hal yang sulit dilakukan karena harus menghindari berbagai macam makanan yang biasanya malah baik untuk kesehatan tubuh. Daging ikan dapat dijadikan menu diet. Hal ini karena kandungan vitamin, mineral dan nutrisi dalam ikan akan menggantikan asupan gizi yang tidak diperoleh dari makanan lain yang dihindari.

5. Menstabilkan tekanan darah tinggi.

Asam lemak dan omega 3 yang terkandung dalam daging ikan akan membantu seseorang dalam menstabilkan tekan darah tinggi.

6. Menghidari penyakit stroke.

Jika seseorang terkena tekanan darah tinggi bisa berakibat terkena stroke. Karena tekanan darah tinggi dan konsumsi makanan yang tinggi lemak merupakan salah satu faktor utama penyabab stroke. Dengan mengkonsumsi daging ikan secara teratur akan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi dan memberikan kadar lemak yang tidak berebihan bagi tubuh.

7. Menjaga kesehatan kulit dan mata.

Fosfor sangat baik bagi mata dan kulit. Kandungan vitamin D dan B2 serta omega 3 dalam daging ikan juga bisa membantu seseorang menjaga kesehatan mata dan kulit.

8. Menghindari penyakit kanker.

Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan selama kurang lebih 30 tahun terhadap 6000 orang di Swedia yang mengkonsumsi ikan secara teratur bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat. Daging ikan yang mengandung riboflavin bisa membantu dalam mencegah berbagai macam penyakit kanker yang membahayakan kesehatan tubuh.

Tentunya masih banyak lagi manfaat daging ikan bagi kesehatan tubuh. Konsumsi daging ikan yang tidak berlebihan akan membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena apapun yang berlebihan itu tidak baik.

No comment for Apakah Manfaat Konsumsi Daging Ikan Bagi Kesehatan ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!