Menu Click to open Menus
Home » POLA HIDUP » Air Putih Yang Kita Konsumsi Setiap Hari Ternyata Punya Banyak Rahasia

Air Putih Yang Kita Konsumsi Setiap Hari Ternyata Punya Banyak Rahasia

(450 Views) April 23, 2016 8:58 pm | Published by | No comment

air putih

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, permukaan bumi ini juga 1/3-nya adalah air. Ini menunjukkan bahwa air adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari hidup kita. Manusia butuh air minum untuk menjaga agar tubuhnya tetap terhidrasi karena banyak masalah kesehatan bisa bermula dari dehidrasi.

Syarat utama untuk air minum yang layak minum adalah ia berwarna bening dan tidak berbau. Air minum layak minum juga tidak berasa. Air juga tidak boleh langsung diminum melainkan harus dimasak dulu untuk membunuh bakteri dan mikroba yang bisa menyebabkan penyakit.

Kebutuhan manusia akan air tergantung dari usia dan berat badannya. Tapi rata-rata disarankan untuk minum 8 gelas setiap hari untuk mencukupi kebutuhan air minum.

Baca juga : Manfaat Luar Biasa Dari Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat air putih

Manfaat minum air putih yang paling umum adalah menghindari tubuh dehidrasi dan menghilangkan rasa haus. Rasa haus sendiri adalah tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi ringan. Berikut adalah beberapa manfaat air putih untuk tubuh.

Menjaga keseimbangan tubuh

60% tubuh manusia terdiri dari air yang harus dijaga keseimbangannya. Adanya cukup air dalam tubuh artinya nutrisi dari makanan bisa disalurkan dengan lebih baik, mencegah darah menggumpal, dan juga menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Mengontrol berat badan

Jika sebelum makan Anda mengkonsumsi air putih sebanyak 2 gelas, maka jumlah makanan yang dikonsumsi bisa dikurangi karena rasa kenyang setelah minum air. Oleh karena itu jumlah asupan kalori bisa dikontrol dan berat badan ideal tetap terjaga.

Melancarkan sirkulasi darah

Cukup air maka darah akan selalu encer dan tidak menggumpal. Darah yang menggumpal bisa menyebabkan hipertensi, penumpukan zat sisa makanan dalam tubuh, menghambat proses metabolisme, hingga meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung.

segelas air putih

Baca juga : 7 Cara Alami mengatasi Rematik yang Ampuh dan Murah

Terapi air putih

Terapi air putih adalah terapi kesehatan dengan meningkatkan jumlah konsumsi air putih harian. Dengan mengkonsumsi banyak air putih ini dipercaya bisa sebagai cara untuk detoksifikasi secara alami di mana racun yang tersimpan dalam tubuh bisa dibuang.

Efek samping terapi air putih

Bagi yang sudah mencobanya, efek pertama yang dirasakan setelah menjalani terapi air putih ini adalah menjadi lebih sering buang air kecil. Ini karena tubuh mendapatkan air dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Efek ini sebagai bentuk dari adaptasi tubuh sampai terbiasa dengan jumlah air putih yang diminum.

Kelebihan cairan

Melakukan terapi air putih sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan tubuh dalam menampung air. Kelebihan cairan disebut dengan intoksikasi air yang bisa menurunkan kadar sodium dan garam dengan drastis sehingga menyebabkan ketidakseimbangan cairan.

Terlalu banyak cairan yang masuk juga bisa mengganggu fungsi ginjal. Di mana ginjal tidak mampu untuk memproses air untuk menjadi urin. Ketidakseimbangan sel pada tubuh bisa menyebabkan sel-sel membengkak termasuk sel yang ada di otak.

Membuat kulit lebih lembab

Salah satu manfaat melakukan terapi air putih adalah untuk menjaga kecantikan kulit dan menjaganya tetap lembab. Mencukupi kebutuhan air putih secara rutin bisa menjaga kelemababan kulit sehingga tanda-tanda penuaan bisa diundur kemunculannya.

Mengurangi resiko diabetes

Air putih adalah minuman yang disarankan untuk diminum sebelum dan sesudah makan. Sebelum makan minum air putih bisa memberikan rasa kenyang sehingga porsi makan bisa dikontrol. Setelah makan, air putih bisa menurunkan kadar gula darah yang naik karena makanan yang dikonsumsi. Sehingga resiko diabetes bisa dikurangi ketimbang minum es teh atau sirup setelah makan.

Membersihkan saluran pencernaan

Efek air putih untuk detoksifikasi masih menjadi perdebatan, namun memang benar kalau air putih bisa membersihkan saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang lebih bersih akan membuat tubuh bisa menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik. Dengan begitu tubuh bisa tetap sehat dan sistem imun bisa terjaga dengan baik.

Kondisi tubuh yang memerlukan lebih banyak air

Wanita yang sedang hamil atau dalam masa menyusui membutuhkan air putih lebih banyak ketimbang dalam keadaan normal. Wanita yang sedang hamil butuh sekitar 2,3 liter sedangkan yang sedang menyusui butuh lebih banyak lagi yaitu 3,1 liter.

Ketika berolahraga, kebutuhan air minum juga lebih banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selama olahraga minum air putih sebanyak 2 hingga 3 gelas. Jika intensitas olahraga lebih berat dan lebih dari satu jam sebaiknya minum air yang mengandung sodium.

Beberapa kondisi kesehatan juga membuat tubuh membutuhkan lebih banyak air seperti misalnya muntah, diare, demam, infeksi kandung kemih, atau batu saluran kencing. Sedangkan untuk gangguan jantung, hati, dan ginjal, konsumsi air putih justru lebih diwaspadai dan dikontrol.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Air Putih Yang Kita Konsumsi Setiap Hari Ternyata Punya Banyak Rahasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!