Menu Click to open Menus
Home » PENYAKIT » 7 Cara Alami mengatasi Rematik yang Ampuh dan Murah

7 Cara Alami mengatasi Rematik yang Ampuh dan Murah

(299 Views) April 22, 2016 5:49 am | Published by | No comment

rematik

Rematik seringnya dikaitkan dengan penyakit radang sendi pada lansia. Rematik sendiri adalah suatu penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit yang diakibatkan oleh adanya persendian atau otot yang mengalami pembengkakan dan peradangan. Rematik sendiri ada beberapa jenis dan bisa menjangkiti pesendian mana saja. Kurang lebih ada 100 jenis rematik, namun hanya beberapa saja yang umum diderita seperti Rheumatoid arthritis, osteoarthritis, sindrom sjogren, lupus, dan ankylosing spondylitis. Tiap jenis rematik di atas memiliki ciri gejala yang berbeda. Gejala umum rematik yang sering dirasakan sebagian besar penderita yaitu timbulnya rasa nyeri dan linu pada daerah persendian, khususnya daerah persendian kaki dan tangan. Kira-kira apa saja yang menyebabkan rematik?

Baca juga : Rambut Rontok : Penyebab dan Cara Mengatasinya
Karena rematik sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, penyebabnya pun bermacam-macam tergantung pada jenis rematik itu sendiri. Namun ada beberapa penyebab umum timbulnya penyakit rematik. Sebut saja adanya gangguan metabolisme dalam tubuh, buruknya sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri mudah menyerang, adanya penyakit autoimun, faktor pengapuran tulang akibat penuaan, faktor genetik, dan masih banyak lainnya. Penyebab sekunder juga sering memicu timbulnya rematik, seperti kurangnya asupan cairan dalam tubuh, adanya kesalahan posisi sendi akibat aktivitas fisik yang berlebihan, trauma pada sendi, diet ketat, pola makan yang salah, stress, obesitas, dan sering meminum minuman beralkohol. Kadar asam urat yang berlebih juga kerap memicu gejala-gejala rematik. Rematik yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah disebut gout arthritis.

Selain pengobatan medis, penyakit rematik juga dapat diredakan dengan menggunakan beberapa bahan alami berikut:

1. Daun Dandelion

Daun Dandelion begitu kaya akan vitamin C dan juga vitamin A yang mana kedua jenis vitamin ini ampuh mengatasi kerusakan-kerusakan sel serta aktif mengeluarkan racun yang ada di dalam darah. Anda dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai obat pendamping obat medis Anda dengan cara mengukusnya lalu konsumsi daun Dandelion yang sebelumnya telah dikukus. Beberapa kali treatmen dengan menggunakan daun Dandelion dapat memgurangi rasa nyeri pada sendi Anda.

2. Jahe

Jahe tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan bahan minuman hangat saja, melainkan juga sebagai obat herbal alami untuk atasi penyakit rematik. Sering-seringlah konsumsi jahe  untuk meredakan rasa nyeri pada persendian Anda. Anda boleh campurkan geprekan jahe pada sup atau minuman Anda. Mudah, bukan?

3. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya ternyata cukup efektif untuk meredakan rasa nyeri di area persendian akibat penyakit rematik. Terdapat kandungan zat anti inflamasi pada lendir tanaman lidah buaya. Zat inilah yang berkhasiat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan di area sendi. Khasiat lainnya dari tanaman lidah buaya yang masih ada kaitanya dengan penyakit rematik yaitu tanaman lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat memperbaiki sekaligus mengembalikan sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak. Ada juga mustard oil, akar baluntas, lengkuas, dan akar sembung yang diklaim sebagai obat alami untuk atasi rematik.

Baca juga : Turunkan Berat Badan dengan Olahraga Jalan Cepat

4. Makanan yang Tinggi akan Beta Karoten

Karoten adalah pigmen tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan. Karoten dapat dijumpai pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna terang seperti merah, orange, kuning, dan ungu. Tambahkan asupan makanan yang kaya akan beta karoten untuk mencegah dan mengurangi risiko munculnya rheumatoid arthritis. Menurut sejumlah penelitian, konsumsi makanan ber-beta karoten mampu menekan risiko timbulnya rematik hingga 50 persen.

5. Teh Hijau

Teh hijau terkenal sebagai salah satu minuman yang kaya akan zat antioksidan. Terdapat zat antioksidan yang dinamakan epigallocatechin-3 yang ternyata juga berperan sebagai zat anti-inflamasi sehingga jika Anda mengkonsumsi teh hijau secara teratur, Anda akan tercegah dari risiko radang sendi.

6. Makanan Ber-Omega 3

Makanan yang mengandung Omega-3 juga mempunyai efek anti-inflamasi alami sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang menderita rematik. Dengan cara mengkonsumsi makanan ber-omega 3, peradangan pada sendi akan berkurang dan sendi pun akan menjadi lebih sehat.

7. Makanan/ Minuman Kaya Vitamin C

Kandungan vitamin C sangat mudah ditemukan pada buah dan sayur. Vitamin C mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan juga memaksimalkan metabolisme kolagen pada kulit.  Tubuh yang kekurangan asupan Vitamin C dapat berpotensi lebih cepat timbulnya rematik. Oleh karena itu, sebaiknya seringlah mengkonsumsi jeruk, lemon, kiwi, brokoli, dan kembang kol untuk mencegah munculnya penyakit rematik dini. Konsumsi juga makanan yang banyak mengandung zat antosianin karena makanan ini mampu memperlambat produksi zat yang pro-inflamasi.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for 7 Cara Alami mengatasi Rematik yang Ampuh dan Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!